Senin, 22 September 2014

Studi Kasus Pengembangan Perangkat Lunak

SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN PADA AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) INDONESIA BANDA ACEH
MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINEAR SEQUENTIAL




Diajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah
Rekayasa Perangkat Lunak 
Program Studi Magister Komputer 



Disusun Oleh :
MUNAWIR
0441422214044


 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ERESHA
ERESHA SCHOOL OF IT




 ABSTRAK



Sistem informasi absensi karyawan pada tingkat instansi biasanya masih menggunakan sistem yang manual. Hal ini menimbulkan beberapa kendala yang cukup merepotkan, terutama pada ketidak validan dan ketidak cocokan data. Sering pula terjadi kendala pada saat pencarian informasi tentang absensi karyawan. Demikian pula halnya dengan penyediaan data, misalnya data pekerjaan, data pendidikan, yang sering tidak up to date. Berangkat dari kendala-kendala di atas, maka dibuatlah rancangan suatu sistem informasi Absensi karyawan. Diharapkan sistem informasi absensi karyawan pada tingkat instansi swasta ini akan sangat membantu pihak Yayasan Pendidikan Pembangunan Indonesia Banda Aceh yang menaungi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Indonesia Banda Aceh dalam melakukan absensi karyawan dalam  ruang lingkup sebuah instansi. Dimana sistem ini akan melakukan proses absen seiring dengan proses kehadiran karyawan, Dengan demikian data absensi dapat diperoleh dengan mudah. Sistem yang dibangun ini dirancang dengan alur dan rancangan antar muka yang sederhana, sehingga dapat dengan mudah digunakan di AMIK Indonesia Banda Aceh, dalam hal ini mengambil contoh AMIK Indonesia Banda Aceh.  dalam pembuatan program ini menggunakan pemograman Visual Basic Versi 6.0


PENDAHULUAN



Latar Belakang Masalah 
Perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya dibidang komputerisasi mendorong banyak instansi dan perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta untuk dapat memanfaatkan teknologi ini agar mampu bersaing dalam era globalisai seperti sekarang ini. Sejalan dengan lajunya perkembangan dunia teknologi modern ini, banyak mengakibatkan perubahan kehidupan manusia dalam menangani setiap permasalahan yang terjadi dan ada hubungannya dengan proses pembangunan secara menyeluruh. Kalau kita perhatikan dan kita telusuri kemajuan yang telah dicapai ini, sangat erat hubungannya dengan data dan informasi. Permasalahannya terletak pada bagaimana menggunakan data dan informasi dengan akurat. Pada saat ini aplikasi sistem informasi telah banyak yang bersifat dinamis, interaktif dan task oriented untuk digunakan dalam sistem informasi, telekomunikasi, perdagangan, perbankan dan lain-lain, yang sangat membantu manusia dalam menyelesaikan proses penanganan sistem informasi. Keterkaitan manusia sangatlah dibutuhkan dalam membangun sebuah sistem informasi. Penulis tertarik untuk membangun sebuah sistem informasi yang berhubungan dengan kepegawaian, dalam hal ini sebuah Sistem Informasi Absensi Pegawai pada suatu instansi untuk dapat mempermudah instansi tersebut dalam melaksanakan aktivitas kerja.

Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada tugas akhir ini adalah bagaimana membuat aplikasi Absensi Karyawan yang ramah (user friendly) dan mudah digunakan dengan perkembangan kebutuhan pada AMIK Indonesia Banda Aceh.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam Pengembangan Aplikasi Absensi Karyawan Pada AMIK Indonesia Banda Aceh, meliputi :
 
1. Pengembangan aplikasi Absensi Karyawan ini akan digunakan oleh Karyawan AMIK Indonesia Banda Aceh.  
2. Pengontrolan jadwal kerja karyawan.
3. Fungsi pendataan Karyawan.
4. Fungsi penghitungan gaji dan informasi jam kerja karyawan.

Dasar Teori
Rekayasa Perangkat Lunak Model Sekuensial Linier

Model ini biasa disebut dengan waterfall model atau classic life cycle. Model ini mengusulkan pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh tahap analisis, desain, kode, dan pengujian.
1) System / Information Engineering
Pada tahap ini akan menghasilkan Software Requirement Specification (SRS). SRS adalah dokumen yang berisi deskripsi lengkap mengenai apa kemampuan perangkat lunak dalam melakukan kemampuannya.
2) Analysis
Analysis (analisis) merupakan proses pengumpulan kebutuhan pada perangkat lunak (software). Terdapat dua model analisis yang digunakan selama melakukan analisis pada tugas akhir ini yaitu :
a) Permodelan Data
Pemodelan data yaitu mendeskripsikan data yang terlibat dalam perangkat lunak (software). Pada tahap permodelan data menghasilkan ERD dan Kamus Data.
b) Permodelan Fungsi
Pemodelan Fungsional mendeskripsikan seluruh fungsi yang terlibat dalam perangkat lunak, permodelan fungsi menghasilkan DFD.
3) Design
Proses desain menerjemahkan syarat atau kebutuhan ke dalam sebuah representasi perangkat lunak yang dapat diperkirakan demi kualitas perangkat lunak sebelum dimulai pemunculan kode.
4) Coding
Proses coding (pengkodean) merupakan penerjemahan dari proses pada tahap desain ke dalam bentuk bahasa pemrograman yang dapat dibaca oleh mesin.
5) Test
Proses test (pengujian) berfokus pada logika internal perangkat lunak, yang memastikan bahwa semua pernyataan telah diuji.

  
Rancangan File Database
Desain Database adalah perancangan file yang akan digunakan dalam pembuatan program. Atribut-atribut dalam file ini nantinya yang dapat menghasilkan Informasi Absensi. Adapun perancangan file-file tersebut adalah seperti terlihat pada tabel berikut ini :
Tabel user
No
Nama Field
Type Data
Size
Keterangan
1
Kode_User
Int
-
Primary Key
2
Nama_User
Text
50
-
3
Status
Text
50
-
4
Password
Text
50
-
Tabel Absensi
No
Nama Field
Type Data
Size
Keterangan
1
Nip
Int
-
Primary Key
2
Nama
Text
50
-
3
Jabatan
Text
50
-
4
Golongan
Text
50
-
5
Kode_Bagian
Text
50
-
6
Kode_Karyawan
Text
50
-
7
Hari
Text
50
-
8
Tanggal
Text
50
-
9
Keterangan
Text
50
-
Tabel Karyawan
No
Nama Field
Type Data
Size
Keterangan
1
Nip
Int
-
Primary Key
2
Nama
Text
50
-
3
Jabatan
Text
50
-
4
Golongan
Text
50
-
 
Tabel Bagian  
No
Nama Field
Type Data
Size
Keterangan
1
Kode
Int
-
Primary Key
2
Nama
Text
30
-

Tabel Jam Kerja   
No
Nama Field
Type Data
Size
Keterangan
1
Kode_Bagian
Int
-
Primary Key
2
Nama_Karyawan
Text
30
-
3
Jlh_gaji
Text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar